KONTAN.CO.ID РJAKARTA. Kredit yang belum ditarik atau undisbursed loan sampai akhir 2018 ini diproyeksi membaik. Hal ini seiring dengan aktivitas sektor riil yang sudah mulai kencang.

Pengamat perbankan Paul Sutaryono bilang, pada tahun ini aktivitas sektor riil akan makin kencang. “Sehingga undisbursed loan akan semakin menipis,” kata Paul kepada Kontan.co.id, Rabu (25/4). Salah satu pendorongnya adalah langkah pemerintah mengerek tax holiday dan terus memperbaiki regulasi.

Menurut Paul, undisbursed loan mencerminkan sejauh mana aktivitas sektor rill pada suatu periode tertentu. Kian tinggi undisbursed loan, maka semakin rendah aktivitas sektor rill sehingga kredit yang sudah disetujui tidak ditarik.

Fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik (undisbursed loan) sampai Februari 2018 mencapai Rp 1472 triliun. Angka ini naik 8,74% secara tahunan atau year on year (yoy). Kenaikan kredit yang belum ditarik ini disumbang mayoritas dari kelompok bank menengah dan besar BUKU III dan BUKU IV.

Leave a comment